Flower Lady

Stay with me, just by my side,
Eternally in my heart, stay, you stay always

Sabtu, 08 Mei 2010

Wajah Ambigu

Aaaarrrgghhhh, kalo ada yang bilang punya wajah ambigu itu enak, itu namanya kebohongan besar!!! Jadi keinget dulu waktu aku masih kecil, ya zaman-zaman TK gitu deh, aku udah dikenal binal bin jahil gara-gara kebanyakan tingkah. Bawaannya pengen gerak aja, pokoknya duduk tenang adalah satu-satunya hal yang paling ngga bisa aku lakuin waktu itu. Potongan rambutku ngga pernah panjang, pasti selalu pendek dan acak-acakkan. Suatu hari waktu pulang sekolah, aku udah nyiapin kaos ama celana pendek buat kupake main. Aku paling suka manjat pohon *bawaan shio kali ya, hwakakakak. Nah, ngga pewe banget kalo acara manjat-manjatan kok pake rok, jadilah aku berkaos dan bercelana ria.

Temen-temenku yang kebanyakan cowo udah pada nangkring trus ayun-ayun di pohon. Pokoknya kita semua udah kayak rombongan monyet sirkus yang kehabisan vaksin rabies, menggila. Lama-kelamaan tuh gerombolan monyet sirkus pada pergi satu-satu gara-gara udah dijemput ama orangtua mereka masing-masing. Yang tersisa cuma aku ama satu teman sirkusku, namanya aku lupa *memori otakku kecil soalnya, hwkhwk. Pokoknya tuh anak, anak baru di kelas. Baru dateng hari itu. Secara aku kan temen yang baik, aku langsung ngajak anak itu kenalan dan nyuruh dia buat ikutan maen pas pulang sekolah. Dia, dengan tampang oon plus ingus yang ngga berenti2 meler, cuma ngangguk. Dan aku dengan tanpa dosa sudah membuatnya ikut tenggelam dalam gerombolan monyet sirkus, ckakakak. Kita masih asyik tuh gelantungan di pohon, teriak-teriak kayak Tarzan junior. Tapi keasyikan atraksi sirkus kita terpaksa berhenti gara-gara tuh anak dijemput.

Ibu si anak yang ngeliat tampang polos bin innocentku langsung nyubit pipiku trus ngomong, "Cowo kok cantik banget sih. Siapa namanya?" JDER!!!! Aku, dengan tampang oon dan ngga 'ngeh' dengan adanya pergantian kelamin secara tak sengaja itu, cuma bisa senyum lebar trus bilang siapa namaku. Esoknya, masih di tempat dan waktu yang sama, jam pulang sekolah, aku masih ngelanjutin aktrasi sirkusku yang udah masuk season 2. Aku dengan semangat 45 masih asyik ayun-ayun di pohon saat Ibu si anak baru, yang masih ngga nyadar ama jati diriku yang sebenernya itu, dateng buat jemput anaknya. Tuh Ibu makin semangat nyiksa ni anak polos. Entah nyubit pipi lah, ngacak-acak rambut lah. Mungkin tuh Ibu ngga tega ninggalin aku, yang masih setia dengan muka innocent tanpa dosa padahal aku dengan sengaja telah menjerumuskan anaknya si Ibu ke jurang sirkus tanpa akhir, akhirnya Beliau memutuskan buat nungguin aku sampe dijemput.

Detik berganti menit, menit berganti jam, setelah nunggu ampe ubanan akhirnya Ibu datang dengan wajah ceria dan senyum terkembang tanpa dosa. Ibu langsung ngucapin makasih ke Ibu si anak baru itu. Entah siapa yang mulai duluan, pokoknya mereka berdua terlibat dalam obrolan seru, ngebuat aku ma si anak baru lama-lama mengfosil saking lamanya nunggu. Tiba-tiba Ibu si anak baru nanya kenapa namaku, yang di pikiran tuh Ibu adalah cowo, girly banget. Ibu tentu aja bingung dibuatnya. Sampe akhirnya kebenaran terungkap, Ibu ngomong ke Ibu si anak baru kalo aku cewe, yah walopun dari penampilan luarnya aku malah lebih mirip sebaliknya, jadi wajar aja kalo namanya girly banget. JRENG!!! Si Ibu anak baru langsung syok. Wajahnya merona merah kayak udang galah rebus, malu. Dan mulai saat itu, aku kehilangan salah satu anggota sirkus monyetku gara-gara Ibu si anak baru pasti selalu stand by di depan gerbang, mencegah supaya kalo waktu pulang, si anak baru ngga ikutan maen ama kita-kita. Mungkin karena efek malunya belum ilang kali ya *sotoy, ckikikik.

Tuh waktu zaman-zaman TK. Suer, punya wajah ambigu tuh banyak ngga enaknya daripada enaknya. Waktu SMP, pakaian pramukaku bawahannya celana panjang coklat tua, ngga peduli cowo apa cewe pokoknya pakenya itu. Suatu hari waktu kegiatan pramuka, aku kan ngga pake kerudung. Rambutku yang kupotong model bob pendek kututupi pake tudung jaket. Trus waktu pulang pramuka, aku tiba-tiba kebelet pipis. Larilah aku ke toilet cewe. Dan, kayak jin aja, Pak *** (sensor yo, ntar kalo pake nama asli bisa berabe, hwakakak) yang tiba-tiba muncul entah dari mana, langsung ngehadang aku di depan pintu toilet. Ngelarang aku masuk. Dia ngiranya aku adalah cowo vulgar yang mau ngintipin cewe-cewe yang ada di toilet. Aku udah ngejelasin ampe berbusa kalo aku cewe 100 %, tapi Pak *** masih ngga percaya. Sampe pada akhirnya temenku dateng trus ngomong ke Pak ***, dia nyeritain kalo aku cewe. Setelah denger penjelasan temenku itulah Pak *** baru percaya. 

Aigoo, bener-bener deh, wajah ambigu itu emang ngga enak banget. Sering dibilang mirip anak SD ama Ahjumma *gara-gara katanya Ahjumma aku ngga keliatan kayak udah 18 tahun. Mwo??!!!!*, pernah dikira anak SD ama Ibu-ibu di tempat lesku, pernah dikira anak SD ama pegawai tempat lesku ampe aku digiring buat absen di tempat anak-anak SD, omo. Sering dikira cowo ampe pernah ada mbak-mbak geje yang senyum trus ngedip2in matanya, seakan-akan pengen menggoda tapi yang ada aku malah merinding disko ngeliatnya, hiiii. Tapi, yang ada harus disyukuri. Dari Tuhan emang udah gini cetakannya, ya diterima aja =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar